rumah bakso lawang
Rekomendasi Restaurant Review

Rumah Bakso Lawang, Juaranya Bakso Malang

Rumah Bakso Malang atau Rumah Bakso Lawang (karena lokasinya di Lawang), adalah salah satu rekomendasi bakso di Malang yang wajib banget dicoba kalau lagi jalan-jalan di Malang. Beralamat di ruko Green Paradise Jalan Anjasmoro, Desa Turirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, kedai bakso ini memang harus diniatkan mampir karena posisinya tidak di dalam Kota Malang.

Tapi karena sudah ada kemudahan jalan tol, akses ke Rumah Bakso ini bisa ditempuh lebih cepat dari kota. Nggak akan nyesel pokoknya dibelain ke sini, karena taste baksonya Malang banget. Belum cari info tahun berapa kedai ini bediri, tapi pertama kali ke sini sekitar tahun 2015 tempatnya sudah di sini, awalnya satu ruko, lalu jadi 2 ruko, dan sekarang menempati 3 ruko sekaligus.

Meski tidak didukung oleh parkir yang memadai (maklum namanya juga hanya parkiran ruko), yang datang ke sini kebanyakan pakai mobil ketimbang motoran. Artinya, memang banyak orang-orang jauh yang berniat datang ketimbang warlok yang mungkin prinsipnya kapan-kapan aja bisa. Kalau weekend dan liburan, parkirnya bisa luber-luber dan antrean mengular sampai ke luar.

Menu Rumah Bakso Malang

Menu yang ada di Rumah Bakso Lawang ya cuma bakso. Tapi ada banyak aneka bakso yang ditawarkan antara lain bakso sumsum, bakso keju, bakso mercon, bakso kasar, bakso halus, bakso telur puyuh, bakso hati, bakso urat dan teman-temannya seperti tahu bakso, siomay bakso, tetelan daging, dan iga.

Selain pilihan sebanyak itu, pelengkapnya ada mi kuning, aneka gorengan pangsit, bakso goreng, paru goreng, dan lontong. Jangan khawatir karena baik pangsit mekar atau pangsit panjang isinya adonan bakso juga, jadi tetap worth untuk dicoba karena bukan bakso Malang kalau nggak ada goreng-gorengannya.

Ada baiknya selagi mengantre sudah menyiapkan menu apa saja yang ingin dipesan agar saat tiba giliran nggak bingung lagi pilih-pilih baksonya. Meski kalau sudah berhadapan dengan sepanci kuah kental dan tumpukan bakso-bakso mustahil nggak kepingin nyoba yang lain siihh…

Mumpung berkunjung saran saya sih pilih aja sepuasnya, enak semua kok, nggak ada bakso yang failed bahkan sampai ke tahu-tahu dan gorengannya semua enak.

Menu rekomendasi sekaligus favorit saya pribadi; pilih aneka bakso yang ukurannya kecil-sedang, sejumlah bakso goreng, tahu bakso, dan tetelan daging yang berupa potongan-potongan daging yang dicampur ke dalam kuah. Dijamin puas tapi nggak terlalu kekenyangan.

Tapi kalau mau nyoba bakso-bakso besar, atau bakso iga, atau bakso bakar silakan juga sih, tapi bikin kenyang banget karena baksonya juga tebal dan kerasa dagingnya. Ini favorit suami dan anak kedua, pilih bakso besar isi daging cincang atau urat.

Taste Gurih, Kental, Ngaldu….

Yes, buat yang suka bakso dengan taste seger dengan kuah ringan, Rumah Bakso memang bukan tempatnya. Kuah ala Rumah Bakso itu tipikal ngaldu, kental, dan rasanya gurih ndaging gitu. Jadi kalau pun dimakan polosan nggak pakai saus apa-apa tetap ada rasanya berkat campuran antara kaldu daging dan bawang putih goreng.

Rasa kuah yang khas dan berkarakter ini jadinya bikin eman-eman kalau tidak dihabiskan. Maka kalau baksonya sudah pada habis sementara kuah masih ada, orang-orang biasanya mencelupkan goreng-gorengan ke dalamnya atau diseruput sampai mau habis. Ada juga yang mencelupkan kerupuk kulit, lontong, atau apa pun lah supaya kuahnya bisa terserap habis ke dalam perut.

Tips dalam menikmati goreng-gorengan selain dimasukkan ke dalam kuah adalah dengan bikin saus cocolan dari sambal dan kecap di mangkuk terpisah. Jadi kayak makan bakso bakar gitu, dicocol ke sausnya.

Harga Rumah Bakso Lawang

Sudah pada tahu, kan, kalau makan bakso di Malang hitungannya per biji bukan porsian. Di Rumah Bakso Lawang ini tiap bakso ada harganya masing-masing. Makin besar makin mahal ya wajar. Jadi, selagi pilih menu bisa juga sekalian hitung habis berapa biar enggak kaget di kasir sudah tunjuk ini itu taunya jedeeenggg…

Nggak ada patokan harga rata-rata semangkuk berapaan, karena pilihan tiap orang beda-beda. Harga perbaksoan ukuran kecil sedang mulai 3500-5000an, sedangkan pelengkap mulai 2000-5000an. Kalau pilihnya menu spesial seperti bakso bakar, bakso rusuk, dan bakso iga, tentu harganya berbeda mulai 11 ribu – 80 ribu.

Biasanya saya menghabiskan 25-30 ribu/mangkuk, dan untuk makan sekeluarga 5 orang bisa lebih dari 100 ribu dengan minuman. Memang bukan harga yang standar apalagi kalau dibandingkan dengan bakso gerobakan keliling. Tapi ada harga ada value lah ya.

Oh ya, jangan khawatir juga apabila sampai di sini dan menemukan antrean panjang. Karena pelayanannya sat set banget, jadi antreannya cepat maju. Begitu sampai pada giliran kita dilayani, langsung saja bilang mau berapa mangkuk sesuai dengan jumlah rombongan, nanti mbak-mbaknya akan fokus melayani rombongan kita sampai selesai tanpa disela customer lain. Customer lain akan dihandle oleh mbak yang lain, dan begitu seterusnya. Setelah total pesanan kita dicatat dan diberikan ke kasir, tinggal bayar deh. Sekarang sudah bisa pembayaran melalui debit dan transfer selain tunai.

Minuman juga dilayani dengan cepat dan tidak akan datang sebelum makanan datang, haha. Aneka jus, teh, dan minuman-minuman botolan tersedia. Lengkap beserta snack-snack lain di rak. Rumah Bakso Lawang juga menyediakan versi frozenan dari bakso-bakso yang dijual, bisa buat di rumah, bisa juga buat oleh-oleh jalan-jalan dari Malang. Tapi tentu saja langsung hap adalah kenikmatan haqiqi dibanding rebus kuah sendiri, betul tidak?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Share this…