sate rembiga khas lombok
Catatan Dapur

[Resep] Sate Rembiga khas Lombok

Lombok tidak hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tapi juga menyimpan kekayaan kuliner yang legendaris. Salah satu hidangan ikonik dari Lombok adalah Sate Rembiga, sajian sate daging sapi dengan bumbu pedas gurih yang mampu membangkitkan selera makan.

Sebetulnya sudah lama banget recook warisan kuliner resep Sate Rembiga ala Ibu Sinnaseh, tapi baru sempat menuliskannya hari ini. Tepat menjelang Idul Adha ya, semoga bisa jadi inspirasi untuk teman-teman dalam mencari resep sajian daging kurban.

resep sate rembiga khas lombok

Sejarah

Sate Rembiga berasal dari Desa Rembiga, Kecamatan Selaparang, Kabupaten Lombok Timur. Konon, sate ini diciptakan oleh masyarakat setempat sebagai bentuk rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah. Sate Rembiga memiliki ciri khas pada bumbunya yang kaya rempah dan rasa pedas yang khas.

Bumbu dan Metode Memasak

Bumbu Sate Rembiga terdiri dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, terasi, kencur, jahe, lengkuas, kemiri, dan garam yang dihaluskan. Potongan daging sapi direndam dalam bumbu ini selama minimal dua jam agar meresap sempurna.

Daging yang telah dimarinasi kemudian ditusuk pada tusukan sate dan dibakar di atas bara api. Proses pembakaran dilakukan sambil dioleskan sisa bumbu marinasi untuk menambah cita rasa.

Penyajian dan Pelengkap

Sate Rembiga disajikan dengan lontong atau nasi putih hangat. Sate ini semakin nikmat dengan disiram sambal kecap yang terdiri dari kecap manis, air jeruk nipis, irisan bawang merah, dan cabai rawit.

Sebagai pelengkap, sate rembiga biasanya dinikmati bersama dengan plecing kangkung, tahu dong, kangkung rebus yang disiram dengan sambal terasi pedas manis. Nambah sedep gak tuuuhh….

Tertarik untuk recook juga, nih? Cuuz resep dan video resep Sate Rembiga ya!

Resep Sate Rembiga

Bahan sate:

250 gram Daging sapi khas dalam atau bagian pipi, potong-potong dadu untuk disate
100 gram Saus Rembiga
2 gram Garam
5 pcs Tusuk sate

Bahan Saus Rembiga:

120 gram Bawang putih cincang
50 gram Kecap manis Bango
10 gram Terasi Lombok
100 gram Cabe merah besar
50 gram Cabe keriting
50 gram Minyak goreng
100 gram Air

Cara Memasak

Saus Rembiga:

Siapkan wajan, masukkan semua bahan saus Rembiga ke dalam wajan
Aduk merata dan panaskan hingga mendidih
Kecilkan api, masak hingga mengental kurang lebih 20 menit
Matikan api, saus siap digunakan
Sisihkan 50 ml saus Rembiga sebagai kuah sate

Sate Rembiga:

Campur daging yang sudah dipotong dadu dengan garam dan minyak, aduk hingga merata
Masukan 2 sendok makan saus Rembiga, aduk lagi hingga merata
Tusuk daging dengan tusuk sate (3 potong per tusuk), hingga daging habis
Tempatkan sisa saus Rembiga di atas piring datar, beri sedikit minyak, lalu aduk merata dengan sate Rembiga yang akan dibakar
Bakar sate setengah matang dahulu, oleskan lagi saus Rembiga, dan bakar kembali hingga matang merata (bakar jangan terlalu matang)
Setelah matang, siap disajikan dengan lontong dan sisa saus sebagai kuah

Bedanya Sate Rembiga dengan Sate Lain

Sebagaimana sajian khas Lombok yang dominan rempah dan berbumbu, Sate Rembiga juga begitu. Dagingnya sudah berlumur bumbu sejak sebelum dibakar, jadi tambah meresap belum lagi sisa sausnya bisa disiramkan ke sate yang sudah matang.

Dari segi rasa, Sate Rembiga memiliki rasa pedas gurih yang khas, berbeda dengan sate Madura yang cenderung manis, sate Padang yang gurih, dan sate Maranggi yang asin.

Asli deh, seneng banget bisa nyicipin aneka cita rasa sate Nusantara dengan ciri khasnya masing-masing. Buat saya, semua makanan itu unik dan enak, jadi no cela-cela makanan yaaa. Benar lah kalau Sate Rembiga ini paling pas dinikmati saat panas-panas, soalnya bumbunya meresap dan dagingnya terasa sangat empuk.

Pengen banget recook lagi, semoga moodnya ada ya 😉

Tempat Menikmati Sate Rembiga

Nah, kalau kebetulan lagi jalan-jalan ke Lombok, bisa banget nih mampir buat makan Sate Rembiga. Warung-warung yang menyediakan menu ini mudah ditemukan di berbagai tempat di Lombok, mulai dari warung makan kaki lima hingga restoran ternama.

Beberapa tempat yang terkenal dengan Sate Rembiga yang lezat antara lain:
Sate Rembiga Ibu Sinnaseh di Rembiga, Lombok Timur
Sate Rembiga Goyang Lidah di Mataram
Sate Rembiga Lesehan di Cakranegara, Lombok
Sate Rembiga Mas Lelo di Pringgasela, Lombok Timur

Kalau mampir ke salah satu warung di atas, jangan lupa reviewnya dan nitip postingan blog ini yaa, hehe.

2 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Share this…