Bisnis Kuliner Catatan Dapur

Ide Isian Snack Box Manis Asin yang Populer

Teman-teman ada yang seperti saya penggemar snack box dan nasi kotak? Hahaha.. Entahlah, meski sebenarnya isian snack box dan nasi kotak nggak jauh-jauh berbeda, tapi rasanya ada ‘surprise’ di dalam kotak yang baru dibagikan itu. Kadang dapat yang enak-enak, kadang dapat yang keras…jadi benar-benar surprise adanya.

Biasanya, isian snack box terdiri dari kue-kue basah atau jajanan pasar, tapi sekarang sudah umum juga menempatkan produk-produk roti dan keringan juga sebagai isian snack box yang lebih kekinian dan eksklusif.

Nah, sebagai pemula yang masih memupuk pengalaman handling pesanan snack box, saya rajin mengumpulkan referensi apa saja isian snack box yang sekiranya populer dan disukai orang-orang. Kombinasi manis-asin atau manis-gurih, you named it mana aja yang disukai atau menyesuaikan budget.

Lemper

Lemper adalah isian snack box yang paling saya sukai soalnya rasanya enak gurih dan mengenyangkan. Meski makin hari harga bahan baku tambah mahal menyebabkan isian lemper makin minim atau ukurannya yang diperkecil. Tapi lemper tetap jadi idola. Baik dalam bentuk ori maupun lemper bakar yang lebih aromatik, rasanya snack box kurang afdol kalau nggak ada lempernya.

Risoles

Risoles adalah gorengan yang pada umumnya hampir selalu ada di dalam snack box. Jika risoles isinya ragut, maka dia dikemas bersama cabe rawit sebagai pelengkap makannya. Jika risoles isinya mayones dan telur, maka biasanya pelengkapnya adalah saus sachetan. Dua-duanya sama populer dan digemari masyarakat Indonesia.

Pie Buah

Padahal bukan kue tradisional asli Indonesia, tapi pie buah ini juga merajai isian snack box yang disukai orang-orang. Ini kesukaan saya juga, apalagi kalau base creamnya enak dan nggak eneg. Ditambah topping buah slice strawberry, kiwi, dan anggur/jeruk, bikin segeerrrr pas digigit lembut.

Lumpia/Sosis Solo

Dua-duanya imbang nih popularitasnya sebagai penghuni snack box. Bentuknya sama dan bisa saling menggantikan. Jika lumpia isi rebung disajikan lengkap dengan daun bawang, maka sosis solo biasanya ditambah cabe rawit seperti risoles. Saya nggak bisa milih antara keduanya, tapi prefer sosis solo karena sering juga dapat lumpia yang kulitnya keras banget diigigit apalagi dikunyah.

Bolu Kukus

Bolu kukus sering juga ditemui di dalam snack box karena bentuknya yang mengembang jadi terlihat besar memenuhi kotak. Asli, rebutan banget biasanya sama anak sulung karena dia juga suka makan bolu kukus lembut yang nggak effort ngunyah, tapi langsung leeepp ditelan.

Bolu Potong

Slice cake dengan topping, atau bolu yang diiris-iris juga sering ada dalam snack box. Biasanya sih bolu marmer atau bolu mentega polos gitu yaaa. Terus terang saya sebel banget kalau krim yang ada di atas slice cake ini belepotan ke dinding kardus, rugi boookk…

Macaroni Schotel

Meski bikin harga snack boxnya naik dikit, tapi schotel lumrah ada di dalam snack box kekinian. Tujuannya selain biar yang makan merasa kenyang tentu saja snack boxnya jadi eksklusif keliatan mahal yaaa…

Roti

Roti ini ternyata ada kastanya. Kalau di kampung-kampung, roti sobek bundar jadi pilihan aman buat snack box yang ukurannya besar. Tapi di kota-kota, snack box roti dari bakery ternama biasanya ada di acara yang lebih eksklusif atau formal. Isi dua atau tiga roti individu, sudah bisa bikin peserta kenyang, apalagi ditambah kopi eheheh.

Ada lagi yang mau menambahkan??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Share this…