fungsi tepung maizena pada kue kering
Catatan Dapur

Fungsi Maizena pada Kue, Perlu atau Skip?

Sering kan nemu bahan tepung maizena dalam resep kue kering atau cake seperti brownies?
Sementara itu, maizena dalam masakan digunakan sebagai pengental kuah seperti krim sup, saus, capcay, atau kari. Lalu kalau dalam resep kue dan kue kering, maizena digunakan untuk apa?

Mengenal Tepung Maizena

Tepung jagung, atau yang biasa kita sebut dengan nama generik maizena (maizena ini nama merek btw), disebut cornstarch dalam bahasa Inggris. Tepung jagung dibuat dari inti jagung yang dihaluskan menjadi serbuk halus. Inti jagung ini mengandung pati yang terutama terdiri dari karbohidrat. Pati jagung kemudian diolah dengan cara pemisahan dan pengeringan untuk menghasilkan tepung jagung yang halus dan putih.

fungsi maizena pada kue
tepung jagung (pixabay.com)

Fungsi Maizena pada Kue

Fungsi utama dari maizena dalam kue adalah untuk memberikan tekstur yang lembut dan empuk. Kalau dalam kue kering, maizena berfungsi untuk merendahkan kandungan protein dalam tepung terigu. Makin rendah protein dalam terigu, maka tidak akan terbentuk gluten yang bikin kuenya keras, sehingga kue kering pun jadi renyah.

Selain itu, maizena juga digunakan untuk menggantikan tepung terigu yang berlebihan dalam resep kue yang dapat membuat kue menjadi keras dan kering.

Jadi, bisa banget maizena diberi porsi perbandingan 1:10 dengan tepung terigu untuk memberikan tekstur berbeda. Tapi jangan sekali-sekali mengganti tepung terigu dengan maizena full ya, karena hasilnya jelas akan jauh berbeda.

Berikut adalah beberapa fungsi maizena dalam pembuatan kue:

Meningkatkan kelembutan kue.
Maizena memiliki sifat yang lebih halus dan lembut dibandingkan dengan tepung terigu. Oleh karena itu, penggunaan maizena dalam kue dapat membantu meningkatkan kelembutan kue. Hal ini terutama berlaku pada kue yang harus empuk, seperti cake, kue bolu, dan kue brownies.

Menjaga kelembaban kue.
Maizena juga memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban yang lebih baik dibandingkan dengan tepung terigu. Oleh karena itu, penggunaan maizena dalam kue dapat membantu menjaga kelembaban kue. Hal ini terutama berlaku pada kue-kue yang mudah kering seperti kue kering, kue tart dan kue kukus.

Menghindari kekentalan adonan.
Penggunaan maizena dalam adonan kue juga dapat membantu mencegah adonan kue menjadi terlalu kental. Ketika terlalu banyak tepung terigu digunakan, adonan kue dapat menjadi terlalu padat dan sulit diolah. Namun, dengan menambahkan maizena dalam adonan, kue akan lebih mudah diolah dan tidak terlalu kental.

Memperbaiki tekstur kue.
Penggunaan maizena dalam kue juga dapat membantu memperbaiki tekstur kue yang kurang baik. Misalnya, jika kue terlalu keras atau terlalu padat, tambahan maizena dalam resep kue dapat membantu memperbaiki tekstur kue. Hal ini juga berlaku pada kue yang terlalu basah, di mana maizena dapat menyerap kelembaban berlebih dan membantu menjaga kue tetap empuk.

Alternatif tepung terigu.
Bagi mereka yang menghindari gluten atau sedang menjalani diet rendah gluten, maizena dapat digunakan sebagai alternatif tepung terigu dalam pembuatan kue. Tepung jagung tidak mengandung gluten sehingga aman digunakan oleh orang-orang yang memiliki intoleransi gluten atau celiac.

Intinya, maizena memiliki banyak fungsi penting dalam pembuatan kue. Selain memberikan kelembutan, kelembaban, dan tekstur kue yang baik, maizena juga dapat digunakan sebagai alternatif tepung terigu bagi mereka yang menghindari gluten.

Wajib atau Skip?

Balik lagi ke penggunaan dan hasil akhir yang diinginkan. Tidak semua kue kering perlu penambahan maizena juga, tetapi adanya maizena cukup signifikan dalam membentuk tekstur kue yang renyah dan lembut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *