prima rasa bandung
Lifestyle Rekomendasi

Prima Rasa, Tempat Beli Oleh-Oleh Bandung

Enggak susah sebetulnya kalau cari oleh-oleh Bandung untuk dibawa ke kota asal, terutama kalau soal makanan. Bandung emang salah satu surga kulineran yang cita rasanya punya standar tinggi, jadi ada banyak banget rekomendasi makanan yang bisa dijadikan oleh-oleh Bandung.

Salah satu tempat beli oleh-oleh Bandung yang ramai dan kesohor adalah Prima Rasa. Toko kue dan bakery ini sudah ada sejak saya sekolah di sekitar situ (taun 90an, dahlah expose aja umurnya). Inget banget waktu SD, kalau ada teman yang bisa bekal atau jajan kue-kue basah di Prima Rasa, fix dia banyak uang. Karena uang saku saya dulu palingan cukup buat jajan es limun dan makaroni goreng gurih, tidak lebih dari 1000 sehari. Jadi kalau pas bisa kebeli risol segitiga isi ragut atau kue sus Prima Rasa, rasanya sudah mewaaah sekali.

Aneka jajanan basah yang bikin ngileerr waktu SD, hehe

Seiring waktu, kepopulerannya makin meningkat. Prima Rasa makin terkenal bersamaan orang-orang kenal internet dan tradisi wisata kuliner, eksposurnya makin besar. Waktu saya lamaran pun, saya pesan kue nampan dari Prima Rasa padahal jauh banget dari rumah, huehehehe.

Lokasi Prima Rasa masih tetap di Jalan Kemuning No. 27 Bandung, tapi sekarang sudah banyak cabangnya, ada di Buah Batu, Kebon Jati, dan Antapani.

Menu-menu di Prima Rasa pun makin beragam, masih tetap ada kue-kue basah yang bisa dibeli sehari-hari yang didatangkan dari berbagai vendor. Lalu ada kue-kue kering dan pastry, yang dibuat khusus dengan merek sendiri, dikemas dalam kemasan-kemasan cantik yang layak dibungkus sebagai hampers atau hantaran.

Lalu tentu saja sajian ready to take away oleh-oleh seperti bolen pisang, bolen peuyeum, bolen durian, picnic roll, pastry keju, brownies, bolu pisang, bolu cream cheese, dan masih banyak lagi. Khusus yang gini-gini biasanya stoknya nggak sampai sore, dan dia fresh served alias dadakan sehingga saat kita pegang kardusnya pun sering masih terasa hangat.

Bolen Prima Rasa dari segi ukuran nggak terlalu besar, tapi blending antara adonan kulit, pisang, dan kejunya pas. Nggak eneg karena kegedean, nggak juga kurang karena kekecilan. Pas aja gitu. Ya jadi cepat habis risikonya, tapi bolen memang nggak bisa lama-lama juga kan.

Untuk picnic roll, bagi saya terlalu kering sampai kulit pastrinya nggak bisa dikunyah saking alotnya. Saat saya hangatkan di oven memang jadi renyah lagi, tapi layernya sungguh tebal, akhirnya saya potong-potong dan sisakan layer kulit yang bawah-bawah saja untuk dimakan. Sisa kulit luar yang kalau digigit beremah itu ya terpaksa ditinggalkan. Tapi rasanya enaaaak padahal sudah nginep 2 hari, iiyalah, campuran daging dan telur… pasti enak.

Kue-kue basahnya semua enak. Ah, cobain aja lah satu-satu. Ada menu bacang favorit saya yang isinya daging ayam suwir, sus buah kesukaan anak-anak, dan risoles jadul yang ngangenin. Terharuu akhirnya bisa beli kue basah Prima Rasa dari dompet sendiri, haha.

Oh ya, sempat ada kekeliruan waktu transaksi di kasir Prima Rasa ini kemarin. Jadi kemarin suami sempat kedebet 2x pembayarannya memakai QRIS. Untung pulangnya kita cek mutasi di mbanking, jadinya langsung ketahuan hari itu juga. Saya WA nomor customer service dan memberitahukan case berikut foto-foto bukti struk dan mutasi. Karena WA belum direspon, sorenya kami ke toko lagi dan disuruh nunggu 1×24 jam setelah mereka tutup buku hari itu.

Besoknya, kami ditelepon oleh Kepala Toko dan menanyakan kronologis lengkapnya. Beliau bilang pihak toko akan bertanggung jawab dan bantu verifikasi kekeliruan double debet ini baik dari pihak keuangan toko, bank rekening asal, dan bank mesin EDC nya (kebetulan kemarin pakai EDC Mandiri dari rekening BCA). Nggak berlarut-larut, dalam kurang dari 3×24 jam, dana sudah kembali ke rekening dengan utuh. Alhamdulillah, customer handling-nya cukup aktif.

Jadi, kalau mau beli oleh-oleh Bandung, rekomendasi beli di Prima Rasa ini karena satu tempat bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan. Kue basah, kue oleh-oleh, dan kering-keringan. Di sebrang Prima Rasa juga ada kios-kios yang jualan snack-snack kiloan termasuk yang khas seperti gurilem, bagelen, basreng, keripik kaca, dll yang pastinya enak-enak buat camilan dan bisa banget dijadikan oleh-oleh.

13 Comment

  1. Aku sebenernya suka banget dengan brownies dan picnic roll di Prima Rasa, paling enak dibanding merek lain di Bandung. Tapi sayangnya, belum ada label halal MUI-nya, ya…jadi terpaksa aku skip dulu. Mudah-mudahan mereka segera daftar halal MUI biar aku bisa beli lagi

  2. Prima Rasa emang legend sih, dan di Bandung udah ada beberapa cabang juga kan ya. Tapi tiap lewat Jl Kemuning apalagi wiken pasti full mobil hehehe. Tapi setuju sih customer handling mereka cukup oke.

  3. Waduh ketika melihat tampilan gorengan dan cakenya sangat menggoda sekali. Urusan kuliner dan oleh-oleh Bandung emang juaranya. Tapi kadang suka bingung juga untuk memilih tempat yang menjadi pusat oleh-oleh. Prima Rasa menjadi slaah satu pilihannya karena memang sudah legendaris di Bandung .

  4. Kalau ke Bandung lagi harus mampir beli oleh-oleh ke Prima Rasa. Mau banget sama Butter Stick, enak banget tuh kelihatannya. Apalagi tokonya sudah ada lama, fix ini rasanya tidak perlu diragukan lagi.

  5. Ini mah legend pisan tempat kue yang identik dengan kota Bandung. Dari kue-kue jajanan tradisional hingga kue modern ada disini. Biar orang Bandung, aku juga sering jajan ke Prima Rasa klo pengen ngemil buat dirumah hehehe

  6. pas ke Bandung saya pun bersama teman-teman ke sini buat beli oleh-oleh, tempatnya lengkap dengan berbagai oleh-oleh khas Bandung dan lega juga tempatnya jadi nyaman banget buat belanja

  7. Toko oleh2 Prima Rasa emang fix no debat, kue2nya favorit semua, enak2 bikin nagih hehe. Saya paling suka banana crispynya. Selain itu di sekitar Prima Rasa juga banyak tempat kuliner enak kayak baso tahu, mie ayam,rm sunda dll

  8. Prima Rasa ini menurutku selalu mengembangkan menu-menu baru, jenis jajanan baru, sehingga cust pun gak bosen dan terus suka belanja di Prima Rasa. Selalu rame dan memang uda biasa jadi pilihan buat urang Bandung kalo punya acara yaa.. Pesen jajan di Prima Rasa lebih banyak pilihan dan bisa disesuaikan budget.

  9. Bolen Prima Rasa mah oleh-oleh yang sudah pasti saya beli kalau lagi main ke Bandung. Rasanya tuh dari dulu gak berubah.

    Sekarang makin banyak pilihan, jadi makin kalap deh beli oleh-olehnya.. hehehe

  10. Toko oleh-oleh legend banget ya ini. Dulu pas kecil kalau ortu atau sodara dari Bandung terus bawa oleh-oleh Prima Rasa seneng banget rasanya Hehehe.. Duh, jadi pingin keliling Bandung lagi terus ke Prima Rasa juga. Meski skearang udah makin banyak tempat oleh-oleh tapi tetep bertahan. Keren…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *