resep pie susu
Resep

[Resep] Pie Susu Rumahan

Pertama, mau nanya dulu sama pemirsa… apakah pie susu dengan egg tart sama?
Jawabannya, sama-sama isian custard susu tapi ada perbedaan di kulitnya.

Kalau Portuguese Egg Tart (pasteis de nata) memakai kulit pastry yang ringan dan renyah dengan isian custard susu, sedangkan pie susu ala Asia yang resepnya banyak beredar sebagai pie susu teflon dsb, memakai kulit pie yang merupakan shortbread pastry dengan isian telur dan kental manis. Sehingga kudapan yang terkenalnya sebagai oleh-oleh dari Pulau Dewata ini jadi favorit karena lembut dan manis…

Saya pribadi sejujurnya sering malas kalau bebikinan yang kudu ditelateni satu-satu (ya, semacam bikin kue kering tapi ini pengecualian :p), makanya saat resep ini seliweran direcook banyak orang, saya nggak mau ambil cetakan kecil-kecil, langsung ambil cetakan pie yang besar saja biar sekali adonan langsung habis.

Hasil pie susu rumahan ini menurut saya memang tidak seringan pie susu oleh-oleh itu. Jelas sih ya, dari ketebalan kulit dan isiannya juga sudah beda. Tapi jadinya puas banget sih makan 1-2 slice aja sudah cukup menjawab keinginan sweet tooth.

Boleh banget dicoba buat suguhan arisan atau camilan-camilan di rumah.

resep pie susu teflon

Bahan-bahan

Bahan kulit pie:
250gr tepung
150gr mentega
1 sdm gula halus
1 butir telur kocok lepas

Bahan custard:
80gr kental manis full cream
100gr air
1 sdm tepung maizena
2 butir kuning telur

Cara Membuat

Kulit
Campur tepung, gula halus, mentega, telur. Aduk-aduk dengan garpu hingga adonan bersatu. Bulatkan, tutup dengan plastik wrap.
Diamkan dalam kulkas sekitar 30 menit.
Gilas tipis melebar seukuran loyang pie dan taruh di loyang memenuhi semua sudut
Tusuk-tusuk permukaan dengan garpu supaya tidak bergelembung saat dipanggang

Isian custard
Campur semua bahan, aduk rata, saring.
Tuang adonan pada kulit pie

Oven di suhu 140-150 derajat celcius, selama 45 menit api bawah dulu baru 30 menit kemudian ditambah api atas.

Nah, udah jadi pie susunya. Nggak sampai menggosong-gosong atasnya seperti burnt basque atau macaroni schotel memang ya. Saya suka warna kuningnya yang seperti labu, bisa terkecoh kayak pumpkin pie nih, padahal kalau dimakan rasanya manis gurih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *