Jajanan Pasar Rekomendasi

Kulineran di Pasar Oro-Oro Dowo Malang

Di Malang memang belum banyak pasar tradisional yang bertransformasi jadi pasar modern seperti di kota-kota besar lainnya. Baru ada beberapa, dan salah satunya adalah Pasar Oro-Oro Dowo yang letaknya di Jalan Guntur, Kota Malang. Pas di tengah kota, di antara kawasan sejuk, hijau, dan dekat dengan sejumlah spot-spot kongkow dan kuliner.

Seiring dengan pembaharuan wajah, pasar ini juga jadi punya daya tarik sendiri selain karena tampilan yang bersih dan modern, ada banyak bakul kulineran yang menawarkan makanan dan minuman untuk para pengunjung yang datang untuk wisata (khususnya bukan yang tiap hari ke pasar belanja kebutuhan rumah tangga).

Kenapa saya bilang pengunjung wisata? Ya karena mereka-mereka ini datang khusus untuk kulineran, wisata kuliner yang rame-rame diulas atau viral di sosmed. Para pembeli yang rutin tiap hari belanja sih kayaknya sudah biasa-biasa aja ya, terlebih lagi harganya juga emang jadi nggak ‘harga pasar’ siihh.. a bit pricey seiring dia jadi pasar wisata.

Ada apa aja kuliner di Pasar Oro-Oro Dowo? Check ya!

Bagoplek

kuliner pasar oro-oro dowo

Hwaaa ini sih juaranya yaa, best of the best!
Bagoplek ini baso goreng. Harganya 3500 rupia sajaa….tapi baso gorengnya besar, renyah dan tetap bulat saat sudah kempes loh jadi dalemnya ada volumenya, nggak kopong. Rasanya asin gurih gitu, dicocol sambel bangkok mantul suruntul.

Kabarnya mereka bisa ngabisin 20kg adonan bakso per harinya. Sampai ada jastipannya segala loh ini.

Untuk kebagian bagor ini yaa antrenya panjang, pesan dulu dapat nomor antrian lalu tinggal aja sekitar 30 menit kemudian kembali lagi. Insyaallah, masih nunggu tapi tinggal bentar lg :))

Lumpur Kentang 27

Ini juaranya antre… begitu masuk pasar langsung kelihatan antreannya padat. Bisa 30 menit – 1 jam loh buat dapetin kue lumpur 6 ribuan ini. Yang beli juga sekotak sekotak isi 10 gituu.. jadi tentu saja antrenya lama, terutama kuenya juga yang bukan tipe cepat matang. Lumpur Kentang Oro-Oro Dowo ini rasanya manis gurih, tebal, dan padat… sekenyang dan seenak itu jadi emang layak diantrein.

Jadi, kalau niat sih dari subuh aja datangnya bareng ibu-ibu bakulan ke pasar. Tapi kalau buru-buru dan nggak sabar sih, cari yang lain aja yaaa.. ada beberapa resto kue lumpur di Malang kok. Ada Kue Lumpur Muda Mudi di Jalan Candi Mendut dan Lumpur Arab Legenda di Jalan Sukarno Hatta.

Fresh Green

Di sini ada berbagai sajian makanan dan minuman sehat organik yang bisa menyeimbangkan lemak-lemak hasil kulineran tanpa batas sebelumnya :))

Ada dawet gula aren yang segeeerr banget, jus-jus buah organik, nasi gudeg, gado-gado dengan sayuran organik, pokoknya banyak macamnya sih. Kalau keburu laper nungguin camilan-camilan itu ya udah melipis sini aja lah, jelas kenyang.

Kedai FG ini nggak antre sih, mungkin karena fast service juga ya nggak kayak yang lain yang masaknya dadakan. Jadi, boleh banget dijajal kalau sudah laper berat atau bawa orang tua jalan-jalan, suruh pada duduk di sini aja minum-minum cendol.

Mie Pangsit dan Mie Ayam Arema

Ya, kurang afdol ke Malang kalau nggak makan mie. Jadi, ayok cobain mie ayam dan mie pangsit Oro-Oro Dowo ini. Dijamin puas dan kenyang sih soalnya mienya kenyal, kuah gurih, khas banget lah. Kalau pun masih pengin kulineran ke tempat lain, makan mie juga jadi pilihan tepat karena kenyangnya nggak bertahan lama.

Kedai mie ini juga nggak begitu antre, jadi kalau mau duduk ya tinggal nungguin aja di depan meja orang, hahaha. Cepet kok orang datang dan perginya, jadi nggak perlu nunggu lama-lama.

Onde-onde Sukun

Ini lapaknya sebetulnya sebelahan sama klepon enak juga, tapi saya lupa namanya merek klepon tersebut. Bisa banget beli untuk cemilan-cemilan di jalan sambil keliling Malang. Onde-onde sukun ini terbuat dari tepung ketan ya, bukan buah sukun btw… Sukun di sini merujuk pada nama daerah di Malang.

Onde-ondenya besar-besar, empuk dan kenyal, persis onde-onde jadul yang suka dibelikan orang tua kita dulu habis dari pasar. Tenang, nggak antre antre banget kok, tapi jauh lebih baik tanya dulu barangkali onde-onde yang ada di meja lapaknya punya orang semua, dan pesanan kita nunggu digoreng.

Sebenarnya ada lagi beberapa lagi kuliner Pasar Oro-Oro Dowo yang enak dan direkomendasikan. Mungkin next bisa bikin di part 2 deh ya sekalian saya sisipkan postingan reelsnya. Sementara ini dulu rekomendasinya, dan mari kita coba semuanya sebelum lanjut ke tulisan selanjutnya. Nyammeeh!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Share this…