Rekomendasi Resep

[Resep] Lekker Holland: Bukan Bolu Atau Kue Kering

Lekker Holland, atau yang juga dikenal dengan nama Dutch boterkoek (butter cake), merupakan salah satu khasanah kuliner peninggalan Belanda saat menduduki Indonesia.

Meski sejarahnya tidak terlalu jelas, penganan ini sering disajikan saat festivities seperti Natal, Tahun Baru, ulang tahun, dan perayaan lainnya. Terbuat dari tepung terigu, mentega, gula, telur, dan susu, kue ini disukai karena memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis dengan aroma wangi mentega yang kuat.

Lekker holland memiliki ciri khas berupa warna kuning keemasan dengan motif garis-garis di atasnya. Ditambah topping almond atau kenari, dan sering juga ketambahan kismis dan parutan keju, kue ini bisa jadi simpel tapi rasanya sangat kaya.

Sajian terbaik butter cake ini adalah kita memakannya dalam ukuran potongan kecil-kecil, disandingkan dengan teh herbal atau kopi susu. Pas, nggak eneg!

resep lekker holland

Bahan-bahan

Lekker holland memiliki dominan rasa yang buttery, untuk itu pemilihan mentega yang dipakai akan sangat mempengaruhi rasa dan kelembutannya.

1. 250gr mentega asin (salted butter)
Pakai salted butter lebih enak dan membuat kue lebih tastery. Kalau nggak ada, bisa pakai unsalted butter dengan tambahan garam di resepnya. Pilihan mentega dengan aroma yang kuat antara lain Wisjman, Hollman, dan Orchid.
2. 200gr gula pasir
Jika ingin mudah larut, gula pasir bisa diblender dulu sampai teksturnya lebih halus.
3. 1 butir telur (55gr)
4. 250gr tepung terigu protein sedang
5. 1 sdt vanilla extract/lemon zest (optional)

Olesan:
– 1 kuning telur
– almond slice

Ada juga yang menambahkan margarin dengan perbandingan 1:4 dengan mentega. Tujuannya supaya kue tidak terlalu rapuh seperti jika memakai full butter. Ini terserah ya, bisa dicoba juga dua-duanya hasilnya.

Cara Membuat

Pembuatan lekker holland memakai metode all in one, yang artinya seluruh bahan seperti lemak, gula, tepung, dan telur digabung dalam satu wadah, lalu dikocok sampai semua tercampur rata dan homogen. Karena boterkoek bukan tipikal kue yang perlu mengembang dan bervolume, maka tidak diperlukan leavening agent saat pengocokan.

1. Campur gula, telur, vanilla extract, dan mentega menjadi satu dalam wadah. Kocok hingga adonan tercampur dan menjadi sedikit mengembang.
2. Tambahkan tepung sedikit demi sedikit, aduk dengan spatula hingga homogen. Adonan akan terasa memadat tapi teksturnya pertengahan antara adonan cookies dan bolu (mirip selai kacang)
3. Siapkan loyang rendah, olesi atau alasi dengan baking paper.
4. Tuang adonan dan sebar sampai rata. Mungkin akan sedikit effort untuk meratakan adonan karena padat.
5. Beri motif garis-garis pakai garpu (atau sesuka hatimu!)
6. Oles dengan kuning telur, tata almond slice di atasnya
7. Panggang dalam oven api bawah 180 derajat selama 30 menit. Tunggu dingin, baru potong-potong.

INGAT! Jangan motong kue panas-panas karena akan sangat beremah dan hasilnya berantakan!

Variasi Topping

Lekker holland dapat divariasikan dengan berbagai macam topping, seperti kacang mete, keju, cokelat chip, atau buah-buahan kering. Berikut adalah beberapa resep lekker holland dengan topping:

Dengan kacang mete: Tambahkan 100 gram kacang mete yang sudah disangrai ke dalam adonan.
Dengan keju: Tambahkan 50 gram keju parut ke dalam adonan.
Dengan cokelat chip: Tambahkan 50 gram cokelat chip ke dalam adonan.
Dengan buah-buahan kering: Tambahkan 50 gram buah-buahan kering, seperti kismis, kurma, atau cranberry, ke dalam adonan.

Lekker Holland: Bolu atau Kue Kering?

Lekker holland memiliki karakteristik yang unik, karena memiliki tekstur yang lembut di bagian dalam dan sedikit renyah di bagian luar. Tekstur ini menyerupai kue kering, tetapi bagian dalamnya juga lembut seperti bolu.

Berdasarkan karakteristiknya, lekker holland dapat dikategorikan sebagai kue yang memiliki perpaduan antara kue kering dan bolu.

Tetep bingung, kan?

Golongan mayoritas berpendapat bahwa lekker holland termasuk kue kering, beralasan karena lekker holland biasanya disajikan dalam ukuran kecil dan berbentuk persegi panjang, seperti kue kering pada umumnya. Selain itu, lekker holland juga memiliki rasa yang manis dan aroma mentega yang kuat, yang merupakan ciri khas dari kue kering.

Pada akhirnya, klasifikasi lekker holland sebagai kue kering atau bolu tergantung pada interpretasi masing-masing orang. Yang paling jelas buat saya sih, dia tidak seawet kue kering tapi juga tidak bervolume seperti bolu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *