Bisnis Kuliner Catatan Dapur

Peluang Jualan Kuliner saat Ramadhan

Hari ini ada sesi ngobrol-ngobrol lagi dengan Bu Fatmah Bahalwan dari NCC. Temanya menarik, tentang “Peluang Industri Makanan saat Ramadhan”. Menarik karena perputaran ekonomi saat puasa ini memang nggak main-main makanya banyak peluang yang bisa diambil dan banyak pelaku usaha yang jor-joran investasi bisnis di momen ini.

Well, nggak sampai dua bulan lagi kita bakal masuk bulan Ramadhan tahun 2024 nih, alhamdulillah… Nah buat yang masih pikir-pikir mau buka bisnis kuliner apa saat Ramadhan, simak insight dari Bu Fatmah ini yuk.

Kenali Karakter, Selera, dan Kebutuhan Orang-Orang yang Berpuasa

Pertama dan paling penting, kita harus bisa membaca pasar. Apa kebutuhan orang-orang saat puasa? Apa yang digandrungi saat orang-orang buka puasa?

Penting untuk melakukan riset dan baca pasar sebelum membuka bisnis, termasuk juga lokasi atau kondisi kemasyarakatan di mana kita membuka usaha. Apakah di perkantoran? Di perumahan? Atau di jalanan (street food), ini akan menentukan menu dan produk apa yang kita jual.

Setelah menginventarisir data dan hasil riset di lapangan, petakan bisnisnya dan tentukan mau bermain di area yang mana. Apakah lauk-pauk (masakan mateng) atau kue kering, atau bahkan dua-duanya.

Secara umum, ada tiga kebutuhan utama dalam hal kuliner saat Ramadhan (1) stok lauk pauk (2) kue kering, dan (3) menu buka puasa. Ketiganya ini ceruk yang paling besar didulang saat Ramadhan di mana orang pasti membutuhkan stok lauk pauk untuk sahur, dan makanan matang untuk berbuka puasa, dan kue-kue kering untuk suguhan dan hantaran.

Lauk Pauk

Ada banyak sajian lauk pauk tapi apa yang mau kita jual?
Bu Fatmah memberi ide menu-menu yang laris dijual di bulan puasa itu sejenis pepes-pepesan dan menu ungkepan, karena bisa dibuat beberapa waktu sebelumnya dan dihangatkan saat mau dijual/dimakan.

“Bikin aja aneka pepes 100 bungkus. Habis itu bisa difreezer kemudian sajikan dengan cara dikukus lagi. Makanannya jadi baru lagi,” ujar Bu Fatmah berbinar.

Sama halnya dengan ungkepan, orang akan melihat dari segi praktisnya. Ungkepan ayam, ungkepan bebek, ungkepan tahu tempe, semua bisa dibuat jauh-jauh hari dan disimpan di kulkas. Kita bisa jual dalam keadaan frozen vakuum atau sudah digoreng siap makan. Tambah lagi kalau ungkepan itu, makin lama diungkep, bumbunya makin menyerap.

Lalu untuk hidangan buka puasa. Orang-orang buka puasa tuh secara alamiah butuh minyak dan manis, jadi ini kenapa gorengan sama yang manis-manis pasti laku banget saat bulan puasa. Meskipun sudah banyak sekali pendapat para ahli yang menyarankan jangan berlebihan makan gorengan saat buka puasa karena alasan kesehatan.

Menu-menu takjil seperti pisgor bisa dikembangkan jadi pisang kipas, tambahin keju, cokelat, udah banyak banget jadi varian pisgor baru yang lain.

Kue Kering

Sebenarnya, bisnis kue kering ini nggak cuma bisa dilakukan di bulan puasa, pas lebaran dan habis lebaran juga bisa. Lalu kita juga bisa bikin beraneka macam kue kering dari satu adonan yang sama, ini akan membuat variasi jualan kita banyak tanpa effort berlebih.

Misalkan dari kulit nastar, adonannya bisa dijadkan kue-kue lainnya. Ditambah almond jadi kue almond, mede, atau isian lain. “Kembangin aja dari resep-resep dasar, nanti ketemu banyak solusi aneka kue.”

Sedangkan menu-menu takjil spt pisgor bisa dikembangkan jadi pisang kipas, tambahin keju, cokelat, udah banyak bgt variannya kan.

Sebesar Apa Keuntungan Bisnis di Bulan Puasa?

Di bulan puasa ini para pelaku usaha kuliner relatif bisa dapat untung banyak. Tapi keuntungan ini bukan dari margin harga, melainkan dari volume penjualan dibanding hari-hari biasa. Orang kita cenderung menyajikan hidangan-hidangan yang lebih istimewa saat puasa.

Strategi Menghadapi Persaingan Usaha yang Sama di Bulan Puasa

Well, wajar ya kalau tiba-tiba ada 5 penjual kue kering di dekat kita, atau di depan dan belakang komplek sama-sama jualan takjilan. Ini semata-mata ya ceruk kuliner saat puasa tuh besar banget dan peluang usaha kulinernya hampir sama karena karakter customer yang serupa.

Untuk menghadapi persaingan usaha ini, Bu Fatmah memberi tips-tips saran yang bisa dijalankan:

  • kita melayani lebih baik daripada orang lain
  • kemasan diperbagus
  • foto makanan sebagus mungkin, jangan di atas ubin (kalau terpaksa banget, pakai alas)
  • perhatikan hygiene
  • jaga rasa, tukang masak itu wajib tau rasa makanan yang dia bikin sehingga bisa menjelaskan pada customernya

Lalu kalau bisnis sudah mulai berkembang besar, kemasan dengan custom desain sudah bisa dibuat, silakan dibuat aja untuk menambah semangat usaha.

Selain itu juga, quality control tetap dijaga dan untuk menambah keawetan produk jualan kita. Untuk kue kering, dijaga supaya jangan sampai kuenya mudah berjamur. Sementara untuk usaha lauk-pauk, kita bisa berstrategi untuk tidak mencampur santan duluan; misal jualan candil, maka kemas santannya terpisah atau baru dituang dadakan. Telaten setiap hari, insyaallah qabul…tidak akan ada rejeki yang hilang.

Saya sempat tergelitik pada satu pertanyaan seseibu yang hampir serupa saya alami selama jualan kue kering lebaran. Dulu (sampai sekarang juga sih), saya suka ragu untuk menyetok bahan-bahan kue lebih banyak. Karena meski buka pre order sebelum puasa, orderan yang masuk itu tidak banyak. Tapi begitu masuk pertengahan hingga akhir puasa, baru orang nyari-nyari dan orderan membrudul.

Bu Fatmah bilang, ini karena orang pada mikir kalau kue yang dibuat dekat-dekat lebaran itu artinya masih fresh, bukan yang dibuat jauh-jauh hari sebelum lebaran. Padahal kita sebagai bakulan sih ngerti aja ya kalau kue kering itu bertahan lama. Bu Fatmah bilang nggak apa-apa nyetok, yakin aja rezekinya pasti ada.

13 Comment

  1. Kue kering nih bisnis paling cuaannn klo pas Lebaran ya
    Banyaakk yg berburu, dan embuh siapa yg mulai…ada semacam “judgement” klo lebaran tak lengkap tanpa kue kering.

    jadi yhaa, yuk kita manfaatin peluang ini

  2. Wahh keren banget ada Bu Fatma. Daku kalau bikin nastar pake resepnya beliau.

    Bisnis makanan saat ramadhan emang musiman ya dan harus ada strategi biar laku. Sedih banget kalau lihat pedagang takjil yg jaga stan sampai hbs maghrib karena dagangannya masih banyak.

  3. Bu Fatma salah satu role mode banget, beliau inspiratif dan enggak pelit berbagi ilmu, pastinya mba bisa mengambil banyak pembelajaran bermanfaat dari beliau.
    Toss, kita sama dong suka jualan kue kering. Jelang ramadan aku sudah mulai open PO dan close jelang H-7 lebaran untuk pengiriman via JNE/TIKI dkk dan paling kalau tetangga dekat masih mau pesan bisa aja sampai H-3. Semoga bisnis kuker tahun ini berkah, cuan dan bikin pelanggan bahagia nerima kue yang enak dengan kemasan cantik, menarik Semangat menyambut ramadan.

  4. Aku tuh lebih kepada pembeli mba, secara masak aja masih beginner, apalagi utk dijual .

    Tiap puasa, dan lebaran , udah dipastikan aku bakal cari penjual Frozen foods, dan kue2 kering. Kalo bukaan puasa, sesekali aja.

    Sama sekalian yg bisa jualan lontong dan lauk buat lebaran juga . At least walopun aku ga masak, tapi kan suasana lebaran ttp ada. Apalagi waktu asisten mudik. Dah males duluan masaknya, Krn aku jadi fokus bersihin rumah

    Sebagai pembeli aku pasti maunya produk yg dijual fotonya menarik, rasa hrs enak, harga masuk akal. Kalo udh ada review dari pembeli lain, LBH bgs lagi.

    Skr nih aku udh mulai cari2 penjual mana yg kira2 bisa aku beli produknya buat nyetok frozen dan kue kering

  5. Salah satu berkah Ramadhan ini adalah menjadi peluang bisnis makanan untuk dikonsumsi pada saat buka puasa dan juga lebaran. Bagi para pebisnis peluang ini sangat potensial untuk menjual kuliner yang beraneka macam yang dapat menghasilkan uang. Strategi bu Fatmah ini pastinya bakal bantu banget para pebisnis untuk menaikkan volume penjualannya, sekaligus menambah keuntungan

  6. ramadhan sebentar lagi, mendekati lebaran juga. Sudah mulai dipikirkan untuk mendapatkan cuan lebih. lumayan kan buat nambah modal buat lebaran. Sepertinya akan banyak bisnis bermunculan. kudu dan mesti duluan sih ini

  7. Setuju banget pas pada poin: jangan foto di atas ubin… karena sebagai calon pembeli, foto makanannya jadi auto ngga menarik… ada feel yang kurang sreg ttg makanan yang ditaruh di ubin sebagai foto produk makanan…

  8. Mantap, Rel.
    Aku salut banget sama bisnis makanan, terutama kue. Yang aku tau, ini bikinnya gak gampang. Aku pas dulu belum rumah sendiri, cuma buat dihidangin di rumah doank nih.. Tiap abis shubuh dok, Ibuk uda mulai bukain kaleng mentega yang kek jualan martabak tuh… gedenya segemblong gemblong gitu 2 bijik. Tus ngadon tuh.. Ntar pas uda mulai nguleni, semuaaaa anak-anaknya dipanggilin. Di rumah uda tinggal 2 sii.. aku sama masku yang nomer 3.

    Makjang, Rel..
    Aku ga kuat nyetakinnya. Awalnya masi adaptasi, pertengahan uda makin fasih kan tuh.. uda ending, mashaAllaa.. pegel amat yaak.. Kalok lagi ga puasa, aku disuru makan sama masku. “Dek, kesuwen dek.. makan dek!!”

    Iya, aku makan tuh adonan basah yang belum dipanggang.
    Huhuhu… enaaakk…

    Jadi, wajar banget kalo makanan dan kue kering itu harganya TOP!

  9. Wah thanks udah berbagi ilmu yang didapat dari Bu Fatmah. Daging banget nih materinya dan bisa dipraktikkan ide-ide yang disampaikan beliau buat yang tertarik mau julanan kuliner di bulan Ramadan. Nggak dimungkiri ya, peluang buat jualan makanan di bulan puasa itu emang menguntungkan banget

  10. Peluang bisnis kuliner di bulan Ramadan ini sangat besar, karena potensi serapan pasarnya cukup banyak. Akan tetapi banyak juga yang harus diperhatikan mulai dari daya beli masyarakat yang berkurang, kemudian persaingan penjualan barang yang sama jenisnya dan juga hal-hal lain yang bisa mempengaruhi penjualan. Tetap semangat ! kalau memang produknya bagus punya diferensiasi yang menarik dan juga sistem pemasaran dan juga promosi yang baik bisa membuat jualannya lebih laku

  11. Iyaa ramadhan mmg waktunya org jualan. Bener² bulan penuh berkah yaa. Di kantor aja tiba² semua org jualan hahah… Yg jual kue apalagi.. Macem² bgt variasinya. Blm baju, mukena, kerudung, dll. Jd saling beli dagangan kita. Tp alhamdulillah ajaa rejeki n berkah mmg bnyk datang saat Ramadhan ya

  12. Wah ntar lagi puasa
    Pasti ghe kitchen note banyak pesanan nih
    Kue kering the kitchen note sudah teruji enak
    Nanti kalau open PO kabari ya, aku juga pengen pesen
    Uda kadung suka sama kue kering the kitchen note 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *