warung gultik malang
Rekomendasi Restaurant Review

Master Gultik, Kuliner Malam di Tikungan Jalan

Awalnya, saya mengira gultik itu singkatan dari gulai itik alias gulai daging bebek. Tapi saat mampir ke lokasinya di tikungan jalan Kauman Malang, saya hanya menemukan gulai daging sapi dan baru ngeh kalau gultik itu artinya ‘gulai tikungan’ alias letak kedainya berada di tikungan jalan.

Namanya Master Gultik. Baru berdiri di trimester ketiga tahun 2022, hidangan ini semacam mirroring dari gultik Blok M di Jakarta yang ngehits itu. Konon ownernya pengusaha muda yang memang ingin menghadirkan taste simple street food itu ke Malang. Kurang tahu sih ada hubungannya apa enggak sama yang di Jakarta, tapi konsep kaki lima sederhana itu dapet banget di gultik versi Malang ini.

Master Gultik Malang

Yup, menempati sebuah ruko tikungan jalan, gulai disajikan dari tempat berupa gerobak rendah di mana terdapat panci gulai besar, bumbu-bumbu dan aneka condiment-nya. Area makan berada di halaman ruko terdiri dari kursi-kursi plastik, meja temporer dengan botol-botol sambal dan kecap racikan sendiri di tengah-tengahnya.

Menu dan Harga Master Gultik Malang

Menu yang disajikan di Master Gultik juga sederhana saja, mereka fokus menjual gulai dan teman-temannya seperti sate usus, sate puyuh, sate kulit, dan paru goreng crispy.

Sebagaimana branding makanan pinggir jalan murah meriah, harga gultik di sini pun luar biasa murahnya untuk sebuah hidangan gulai daging sapi. Cukup 12 ribu untuk dapat sepiring gulai sapi dan nasinya, dan membayar additional price untuk double daging atau pelengkapnya.

menu master gultik malang
Menu Master Gultik Malang

Untuk menu minuman, jangan minta yang aneh-aneh ya karena lagi-lagi sederhana saja, cukup teh manis hangat atau aneka rasa Nutrisari atau minum air mineral gelas yang tersedia di meja makan.

Secara porsi, sepiring gultik mungkin nggak cukup buat kamu yang biasa makan seporsi nasi padang baru sepadan. Kalau mau pesan 2 porsi double daging juga oke-oke aja, kok. Buat saya yang nggak bisa makan banyak-banyak, seporsi juga cukup. Nggak kekenyangan, juga nggak kurang.

gulai sapi tikungan
Gulai Tikungan, Jalan Kauman Malang

Dagingnya terasa empuk dan lembut mudah dikunyah. Bumbunya juga kerasa rempahnya dan kental jadi kalau tambah nasi sebetulnya masih bakal kerasa, nggak jadi hambar atau encer.

Katanya sih, kecap manis racikan sendiri yang ada di meja itu juga bisa nambah kaya rasa gulainya. Tapi karena ingin coba taste pure kuahnya dulu saya nggak menambahkan apa-apa lagi di atas piring.

Lokasi dan Jam Buka Master Gultik Malang

Di Malang ada dua lokasi Master Gultik.

Jl. Kauman No.40 kav 7, Malang. Ini posisinya persis di tikungan pertigaan Kauman – Kawi – Kasin. Karena di sini hanya ada jalan satu arah, ya satu-satunya tempat datang dari arah jalan Kauman, di mana belok kanan ke Kawi, belok kiri ke Kasin (jangan lupa mepet kanan yah).

Ruko Taman Niaga Jl. Soekarno Hatta (dekat Yoshinoya). Sejujurnya belum mampir yang ke sini jadi letak persisnya belum bisa ditulis. Tapi intinya pilihan lokasi ada dua yang sama ramainya.

Master Gultik buka mulai jam 18.00 sampai habis. Buka setiap hari kecuali Kamis libur. Cocok banget buat kulineran malam di Malang nyari makanan yang hangat-hangat di mana warung rawon hits pastinya udah pada tutup jam segitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *