review makanan IKEA
Rekomendasi Restaurant Review

Rekomendasi Makanan IKEA yang Wajib Dicoba

Hampir semua udah tahu lah ya, IKEA ini apa. Toko home furnishing asal Swedia ini sekarang sudah buka cabangnya di beberapa kota, setelah toko pertamanya di Indonesia buka di Alam Sutera, Tangerang.

IKEA sekarang sudah ada di Kota Baru Parahyangan Bandung, Taman Anggrek Jakarta, Garden City Jakarta, Sentul Bogor, Bali, dan Ciputra World Surabaya. Posisi lokasi-lokasi yang sangat strategis buat pangsa pasarnya IKEA. Yang tadinya cuma bisa seliweran belanja online lewat jastip yang masif, akhirnya konsumen bisa sambang langsung ke tokonya.

Selain keunggulan tatanan interior desain dan perabotan yang compact dan fungsional, toko IKEA punya daya tarik yang bikin kita pingin dateng terus. Salah satunya restoran atau foodcourt-nya yang edgy banget dan inilah rekomendasi makanan di IKEA.

Review Restoran IKEA

Dengan interior simpel dan minimalis dominan warna putih-kuning-biru ala bendera Swedia, restoran IKEA memang dibuat terang dan terbuka. Susunan kursi-mejanya pun dibuat ergonomis dan sejajar dengan troli makanannya.

Restoran IKEA ini menerapkan self service, jadi untuk pengambilan makanan hingga membereskan meja makan dilakukan oleh pelanggan itu sendiri.

Sistem order makanannya bisa lewat mesin (seperti di McD dan KFC modern), dengan opsi pembayaran nontunai dan tunai (via kasir). Jangan kuatir bingung menu makanan dan harganya, karena semua menu ada penjelasannya sendiri-sendiri berikut harganya nett.

Tersedia menu makanan utama, menu sarapan (lokal dan barat), salad dan side dish, menu penutup, kids menu, dan minuman ringan. Menurut saya, kesemuanya enak dan worth it dari segi harga, porsi, dan rasa.

Top 5 Rekomendasi Makanan di IKEA

Dari sekian banyak menu yang enak-enak, list di bawah ini merupakan menu populer dan favorit yang banyak direkomendasikan. Jadi, kalau ada waktu buat kembali ke IKEA boleh juga buat nyoba menu berbeda yang ditawarkan πŸ™‚

Swedish Meatball
Harga: 60.000/12 pcs meatballs

Ini udah pasti mandatory menu yang wajib banget dicobain di IKEA yaa. Rasanya ya bola-bola daging, bukan seperti bakso. Disajikan dengan kacang polong, mashed potato, saus, dan slightly saus lingonberry untuk variasi, rasanya kaya banget.. Makan 12 pcs bola daging nggak eneg dan kenyang karena porsi yang besar.

Sausnya juga enak banget, kalau ada sisa kentang goreng mending dicocol-cocol ke sini, deh.

Australian prime sirloin steak with blackpepper sauce
Harga: 120.000

Percayalah, kalau di resto steak biasa belum tentu dapet nih harga segini dengan porsi yang ngenyangin. Steaknya mudah dipotong, kentang gorengnya besar-besar, dan saus blackpepper yang cukup strong rasa pedasnya. Puas banget!

Pada momen tertentu, paket ini di-bundling dengan potato chips buat crispy-crispy-annya.

Sup Jamur plant based+roti
Harga: 20.000

Buat menu tambahan, ini ringan tapi cukup memuaskan lidah. Supnya tasty dan roti yang dipakai juga mengenyangkan.

Es Krim
Harga: 6000

Menggembirakan banget kan, ada es krim harga 6000an di IKEA. Es krimnya juga enak dengan waffle cone yang tebal dan crispy.

Kentang Goreng
Harga: 10.000

Sebetulnya saya bimbang antara kentang goreng dengan mashed potato yang harganya 15.000 dapat 2 scoop semangkuk. Karena sajian kentang ini dua-duanya enak!

Baik kentang goreng maupun mashed potato bisa banget jadi tambahan karbo untuk dimakan bareng lauk utama atau side dish (ayam goreng, spring roll, sosis, nugget, dll). Namun value plus kentang goreng IKEA ini potongannya tebal-tebal dan rasanya yang gurih!

Untuk menghilangkan dahaga selepas makan, minuman teh, soft drink, dan kopi di IKEA ini dibanderol cuma seharga 10 ribu, bebas refill sepuasnya!

Tips hemat makan di IKEA:
– Nasi (5rb) + ayam 3 potong (30rb) = 35.000
– Sarapan menu lokal = 20.000
– Nasi (5rb) + lauk lain seperti nugget dan sosis/sup wonton = 20.000 – 30.000
Intinya kalau mau lebih hemat bisa pesan ala carte dari menu-menu satuan, tetep kenyang dan enak kok.

Menu Rekomendasi Makanan IKEA Colongan yang Bisa Dinikmati

Selain 5 rekomendasi makanan IKEA di atas yang wajib coba, ada menu-menu lainnya juga yang kalau bisa jangan dilewatkan. Seperti misalnya aneka daanish dan pastry yang harganya sangat terjangkau (bahkan dibandingkan kafe dan bakery pada umumnya).

Selain itu juga bisa coba lihat-lihat Swedish food market untuk Swedish snacks (Kullamust, aneka cokelat), Festligt chips, dan selai lingonberry.

Posisi resto/kafe di IKEA biasanya didesain ada di area penghujung toko, setelah kasir dan area pengepakan. Yang saya tahu di IKEA Ciputra World, kalau tujuannya cuma mau makan, ya mau nggak mau harus lewatin area furnishing dulu kecuali kafe yang bisa didatangi dari luar area toko.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *