Catatan Dapur Uncategorized

Mengenal Fungsi Putih Telur Pada Kue

Dalam setiap resep kue, bahan telur hampir tidak pernah absen dan alasan yang paling umum yaitu karena telur mengandung gizi dan nutrisi. Yah, itu tidak sepenuhnya salah tapi sebenarnya ada rahasia dibalik penggunaan bahan telur terutama bagian putih telur. Tahukah kamu bahwa fungsi putih telur dan kuning telur itu berbeda terutama saat membuat adonan kue kering atau basah.

Jika fungsi kuning telur lebih untuk mengentalkan adonan, membuat tekstur gel kenyal, memberikan warna keemasan saat dipanggang, dan pengemulsi makanan lalu bagaimana dengan fungsi putih telur? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya sudah merangkum secara lengkap tentang fungsi putih telur untuk kue kering dan basah lengkap dengan komposisi serta nutrisi yang ada pada putih telur sebagai berikut!

Komposisi dan Nutrisi Putih Telur 

Banyak yang bilang kalau nutrisi kuning telur lebih banyak dari putih telur, padahal putih telur punya berbagai kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan kuning telur lho. Perlu diketahui, satu porsi putih telur punya komposisi protein lebih tinggi dari kuning telur sekitar 3,6 gram. Putih telur juga mengandung asam amino esensial dan nutrisi lainnya seperti sodium, kalsium magnesium dan kalium.

Penggunaan putih telur pada adonan kue bisa dibilang lebih sering dibanding kuning telur, salah satu dari beberapa alasannya yaitu putih telur memiliki lebih rendah lemak dan kolesterol sehingga kue yang dibuat menjadi lebih sehat serta bisa menjadi alternatif diet.

Berikut ini persentase komposisi dan nutrisi dari satu porsi putih telur:

  • Protein sekitar 3,6 hingga 4 gram
  • Kalsium sekitar 2,3 miligram
  • Lemak sekitar 0,05 gram
  • Magnesium sekitar 3,6 miligram
  • Vitamin sekitar B2 0,145 miligram
  • Kalium sekitar 53,8 miligram
  • Energi sekitar 16 kalori 
fungsi putih telur pada kue

Fungsi Putih Telur Untuk Kue Kering dan Basah 

Setelah mengetahui fungsi putih telur terkait komposisi dan nutrisinya maka selanjutnya saya akan memberikan informasi tentang fungsi putih telur untuk kue kering dan basah.

Sebenarnya, jarang sekali kue basah menggunakan putih telur saja tapi biasanya menggunakan telur tanpa dipisahkan alias utuh. Secara garis besar, fungsi telur dalam pembuatan kue yaitu memberikan cita rasa dan struktur lembut pada kue.

Bagaimana dengan fungsi putih telur untuk membuat kue kering seperti putri salju, kue mentega, dan sebagainya? Nah, berikut ini fungsi putih telur untuk membuat kue kering yang wajib kamu tahu:

2. Kue Lebih Renyah (Crunchy)

Jika kamu ingin membuat kue kering maka adonan kue harus didominasi dengan putih telur saja karena semakin banyak putih telur yang digunakan maka kue yang akan dihasilkan lebih renyah. Namun, perlu hati-hati untuk menggunakan takaran putih telur dan harus diimbangi dengan mentega atau pelembut agar kue kering tidak mudah hancur saat dipanggang.

2. Sebagai Pengembang Kue (Fluffy)

Fungsi putih telur untuk adonan kue sebagai pengembang adonan, hal ini dikarenakan putih telur terdiri dari air dan protein sehingga saat dikocok akan memunculkan busa fluffy. Kue yang dibuat dengan bahan putih telur saja akan memberikan kesan bersih dan mengembang, hal ini tergantung pada teknik pengocokan adonan pada saat membuat kue. Sehingga, kamu harus mempelajari terlebih dahulu bagaimana teknik mengocok putih telur yang tepat.

3. Putih Telur Untuk Penguat Rasa dan Krim

Penggunaan putih telur untuk kue kering juga dimanfaatkan sebagai penguat rasa alami yang tidak akan mengubah warna maupun rasa asli pada kue. Putih telur berguna untuk adonan kue karena akan meningkatkan cita rasa yang sangat enak. Putih telur juga bisa digunakan sebagai krim atau meringue yang bisa ditambahkan dengan gula sebagai penghias kue seperti kue tart.

Penutup

Sekian dulu informasi yang bisa dirangkum tentang fungsi putih telur untuk kue kering atau basah. Buat yang ingin membuat kue yang didominasi dengan putih telur maka harus mengetahui terlebih dahulu takaran yang sesuai.

Jangan lupa juga untuk membaca resep-resep atau tutorial agar kue yang dibuat sesuai dengan yang diharapkan.

2 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *