Resep

[Resep] Singapore Chicken Rice, Cuma pakai Rice Cooker!

Siapa yang hobi ngesave-save resep dari Internet, padahal prakteknya nol besar? Yuk ngacung sama saya. Padahal, waktu lihat/nonton resepnya kayak yang gampang, tapi pas mau praktek banyak aja alasannya. Kurang ini lah, itu lah, heol!

Salah satu trik saya supaya nggak males praktekin resep-resep masakan adalah saya nonton ulang video-video ini bareng suami. Tujuannya apa? Supaya nemu kesepakatan, resep mana yang sekiranya mudah dipraktekan, dan….kalau bisa dikerjakan sama-sama. Kalau tidak bisa (misal dia yang jaga bayi), setidaknya dia tahu saya lagi mencoba resep yang tempo hari kita sepakati sehingga saat masakannya sukses/tidak, dia bisa mengenali, “ini resep yang waktu itu tea?”

Nah, salah satu resep yang kami sepakati gampang dicoba adalah resep Singapore Chicken Rice ini. Waktu lihat postingan Martin Praja di IG, saya tahu saya cuma butuh paha ayam fillet agar lebih enak. Bahan lainnya ada semua di dapur. Dan yang paling menyenangkan adalah, resep ini cuma pake RICE COOKER. Cucian perabot aman!

Yuk dicoba masak Rice Cooker Singapore Chicken Rice!

Bahan-bahan

Bumbu
5 pcs bawang putih (chopped)
3 cm jahe (chopped)
1 sdm margarin
500 gr beras
750 ml kaldu ayam (optional, air biasa juga bisa)
2 sdm kecap asin
1 sdt kaldu jamur
2 sdm minyak wijen

Ayam
4-5 pcs paha ayam fillet

Pelengkap
sambal jahe
kaldu jahe iris + cabe rawit

Cara Membuat

resep rice cooker singapore chicken rice
  • Masukkan beras yang sudah dicuci ke dalam rice cooker
  • Lelehkan margarin, tumis bawang putih dan jahe
  • Masukkan tumisan bawang putih ke dalam beras, aduk-aduk
  • Tuang air kaldu/air biasa secukupnya (sesuai takaran masak nasi 500gr)
  • Tuang margarin (lagi)
  • Tambahkan kecap asin, kaldu jamur, minyak wijen
  • Aduk-aduk lagi hingga rata
  • Tata ayam di atas beras
  • Masak dengan rice cooker hingga matang

Tadaaaa!!
Selesai masaknya. Buka tutup rice cooker, aduk-aduk, daaann Singapore chicken rice siap tersaji jadi menu makan siangmu!

Nggak perlu ditungguin ya guys ya, cuma pastikan tombol rice cookernya di-jegrek, dan hirup aroma gurih wangi saat proses pemasakan. Nggak perlu diaduk-aduk di tengah proses juga karena ini bukan nasi uduk, nggak akan ada santan yang naik ke permukaan.

gurih, lezat, sehat

Bentar, bentar… ini kok mirip nasi hainan ya? Iya, benar banget. Ini adalah versi resep yang lebih simpel dari nasi hainan ayam, bahkan nasi hainan rice cooker ala Martin Praja juga.

Kenapa harus paha Ayam?

Sebetulnya nggak ada kewajiban sih harus pakai daging ayam bagian mana, bahkan kalau mau pakai ceker pun boleh-boleh aja asal bisa empuk di rice cooker. Cuma ada alasan khusus kenapa untuk tipikal masakan gini lebih enak pakai paha ayam ketimbang dada, padahal dada lebih banyak dagingnya.

Yep, paha ayam punya tekstur yang lebih lunak dan lebih kaya rasa dibanding dada ayam. Kandungan lemak yang lebih tinggi di paha ayam membuat rasa daging lebih gurih dan juicy saat dimasak bersama nasi dan kawan-kawannya. Kaldu yang berasal dari daging ayam pun jadinya menyatu pada nasi dan bikin semua rasa tercampur dengan baik.

Mohon maaf nggak ada foto pas lagi disajikan di piring, keburu laper dan nggak proper. Much better jika disajikan bersama sayuran atau acar. Resep Rice Cooker Singapore Chicken Rice ini cocok banget buat menu sehat yang menghindari goreng-gorengan dan yang lazy-lazy kayak sayaaa….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *