cara membuat pastry
Catatan Dapur

Cara Membuat Pastry di Rumah

Biasanya nih, pastry dihadirkan sebagai sajian di waktu-waktu snacking. Karena ‘bobot’nya yang mengandung tepung dan lemak, pastry bisa mengenyangkan tapi tidak terlalu berat saat dimakan. 

Hal ini karena karakter pastry yang berlapis-lapis sehingga membuatnya terasa ringan namun mewah untuk dihidangkan.  

Pastry adalah jenis adonan kering yang digunakan sebagai dasar untuk membuat berbagai macam produk roti, kue, dan hidangan lainnya. Terbuat dari campuran tepung terigu, mentega atau lemak, air, dan garam, adonan pastry dapat diuleni dan dilipat beberapa kali untuk menciptakan lapisan-lapisan tipis yang renyah saat dipanggang.

Kegunaan Pastry

Pastry biasanya digunakan sebagai dasar untuk membuat tart, pai, croissant, dan berbagai macam kue lainnya. Bisa juga kosongan seperti croissant yang nantinya dimakan pakai olesan butter atau selai.

Pastry dapat diisi dengan berbagai macam bahan seperti buah-buahan, daging, sayuran, atau bahan-bahan manis lainnya. Jadi bisa banget dikombinasikan dengan rasa manis, atau asin (savoury).

Tidak dianggap enteng, mempelajari pastry ini ada spesialisasinya sendiri dalam ilmu kuliner. Banyak chef yang khusus mempelajari teknik pembuatan pastry untuk menciptakan hidangan yang lezat dan menarik.

Resep Kulit Pastry Dasar 

Dari kelas pastry online dan offline yang pernah saya ikuti, ada beberapa teknik membuat kulit pastry yang kurang lebih bahannya nggak jauh beda.

Berikut adalah resep dasar untuk membuat kulit pastry:

Bahan:
250 gram tepung terigu serba guna
125 gram mentega dingin
1/2 sendok teh garam
125 ml air dingin

Langkah-langkah:
Campurkan tepung terigu dan garam dalam mangkuk besar.
Potong mentega dingin menjadi kecil-kecil dan masukkan ke dalam campuran tepung. Gunakan ujung jari untuk menggosokkan mentega ke dalam tepung sampai adonan menjadi butiran halus.
Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan dengan sendok kayu. Jangan terlalu banyak mengaduk, cukup hingga adonan tercampur rata.
Pindahkan adonan ke atas permukaan meja yang sudah diolesi sedikit tepung.
Bentuk adonan menjadi bola, lalu pipihkan dengan menggunakan rolling pin (alat penggiling adonan) sampai memiliki ketebalan sekitar 5 mm.
Lipat adonan menjadi 3 bagian, lalu putar 90 derajat.
Ulangi proses ini sebanyak 6 kali.

Dinginkan adonan dalam kulkas selama minimal 30 menit sebelum digunakan.

Kalau dari bahan dan langkah memang simpel banget, tapi membuat pastry ini membutuhkan stamina, suhu, dan waktu yang tepat. 

Tips Membuat Kulit Pastry 

Buatlah adonan kulit pastry saat cuaca atau ruangannya cukup sejuk. Kalau dirasa adonan mulai molor atau terlalu elastis, istirahatkan di dalam kulkas beberapa menit baru ulang lipat gilas lagi.  

Nah gitu cara membuat kulit pastry yang mudah dan sederhana. Tetap semangaattt… kalau sudah bisa pasti jadi mudah, kok.

2 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *