jenis-jenis pastry
Catatan Dapur

Kenalan dengan Jenis-Jenis Pastry

Kita mungkin hanya tau pastry sebagaimana yang ditemui apa adanya di bakery atau kafe. Tapi sebetulnya pastry sendiri terbagi menjadi tiga jenis sesuai peruntukanya.

Ketiga jenis pastry ini yaitu danish pastry, puff pastry, dan pillo pastry. Yang membedakan jenis-jenis pastry ini terletak pada tekstur, rasa, dan penggunaannya.

Berikut adalah penjelasannya:

Danish pastry

Danish pastry terbuat dari adonan berlemak yang diaduk dengan mentega dan telur, sehingga menghasilkan tekstur yang lebih padat dan lebih manis daripada puff pastry.

Danish pastry memiliki rasa yang kaya dan lembut, serta biasanya diisi dengan selai buah, keju, coklat, kacang, atau rempah-rempah. Danish pastry juga biasanya dipanggang dengan topping yang manis, seperti gula halus, almond panggang, atau glasir.

Contoh danish pastry: cinnamon rolls.

Puff pastry

Puff pastry dibuat dari adonan berlemak yang dilipat-lipat berulang kali dengan lapisan tipis mentega atau korsvet (korsvet ini yang kadangkala bikin ngendal di langit-langit mulut, fyi). Ketika dipanggang, adonan kue akan mengembang menjadi lapisan-lapisan tipis yang renyah dan ringan.

Puff pastry memiliki rasa yang netral, sehingga sering digunakan untuk membuat pastry yang diisi dengan daging, ikan, sayuran, atau bahan-bahan gurih lainnya. Puff pastry juga dapat digunakan untuk membuat pastry yang manis dengan menambahkan gula atau krim ke dalam adonan.

Contoh puff pastry: tuna puff, cheese stick.

Pillo pastry

Pillo pastry adalah jenis pastry yang sering digunakan dalam hidangan Timur Tengah dan Mediterania. Pillo pastry terbuat dari adonan kue yang tipis dan rapuh yang dipanggang sampai renyah. Pillo pastry biasanya diisi dengan daging, sayuran, atau keju, dan sering disajikan sebagai camilan atau hidangan pembuka. Pillo pastry juga dapat digunakan dalam hidangan pencuci mulut dengan mengisi adonan dengan buah-buahan, krim, atau coklat.

Contoh pillo pastry: baklava.

Nah sekarang jadi tau yaa bedanya jenis-jenis pastry. Meski kalau dimakan rasanya ya hampir sama saja, tapi ternyata tiap lembar pastry ada perbedaan dalam penggunaannya.

Sekian edisi #NowWeKnow perbedaan antara danish pastry, puff pastry, dan pillo pastry. Walaupun ketiganya memiliki dasar yang sama yaitu adonan berlemak, namun setiap jenis-jenis pastry memiliki karakteristik unik yang membuatnya cocok untuk digunakan dalam berbagai macam hidangan dan makanan.

Yang pasti semuanya enaaak, snack favorit saya buat nulis-nulis blog sambil ngopi. Next, kita tulis rekomendasi toko pastry plus menunya yang enak, yaa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *