service motor dan ganti oli di planet ban
Bisnis Kuliner

Pentingnya Servis Motor Rutin Armada Food Delivery

Dalam dunia yang terus bergerak cepat ini, layanan pengiriman makanan telah menjadi lebih dari sekadar kemewahan; ia telah menjadi kebutuhan. Makanan yang tiba dengan cepat dan dalam kondisi optimal adalah harapan konsumen yang harus dipenuhi.

Di balik layanan ini yang tampaknya sederhana, ada armada motor yang berjuang keras untuk menjaga efisiensi dan keandalan. Oleh karena itu, menjaga kesehatan motor dengan servis rutin adalah fondasi kesuksesan dalam bisnis delivery food.

Manfaat Servis Rutin Motor

oli motor matic
Image by Hans from Pixabay

Servis motor rutin dalam armada motor delivery food memiliki sejumlah manfaat krusial yang dapat melanggengkan bisnis kuliner kita, antara lain:

1. Kinerja Optimal

Motor yang beroperasi dengan baik berarti pengiriman yang lebih cepat dan lebih efisien. Servis rutin memastikan bahwa setiap komponen dalam motor berfungsi dengan optimal. Mulai dari sistem mesin hingga bagian kritis lainnya seperti rem, suspensi, dan ban, semuanya harus dalam kondisi prima agar pengemudi dapat menghadapi tantangan jalan dengan percaya diri.

2. Efisiensi Bahan Bakar

Di tengah naiknya harga bahan bakar, efisiensi menjadi faktor penting. Servis motor yang rutin, termasuk ganti oli secara teratur, dapat membantu mengoptimalkan efisiensi bahan bakar. Oli yang bersih dan pelumas yang tepat membantu mengurangi gesekan internal dalam mesin, mengurangi konsumsi bahan bakar, dan menghemat biaya operasional.

3. Keamanan Pengemudi

Armada pengiriman food delivery menghadapi situasi lalu lintas yang kompleks dan sering kali harus bekerja dalam tekanan waktu. Motor yang dalam kondisi baik membantu menciptakan pengalaman berkendara yang aman. Sistem rem yang berfungsi baik, suspensi yang responsif, dan ban dengan tekanan yang benar adalah faktor-faktor yang membantu menjaga keamanan pengemudi.

4. Pemeliharaan Reputasi

Dalam dunia persaingan ketat, reputasi bisnis adalah segalanya. Ketika pelanggan memesan makanan, mereka menginginkan pengiriman yang tepat waktu dan makanan yang tiba dalam kondisi prima. Motor yang handal dan efisien adalah elemen kunci dalam memastikan pengiriman yang memenuhi harapan pelanggan, memelihara reputasi bisnis sebagai layanan yang andal.

5. Peningkatan Umur Motor

Motor yang dirawat dengan baik cenderung memiliki umur yang lebih panjang. Dengan servis motor yang rutin, kita dapat menghindari kerusakan yang tidak perlu dan memperpanjang masa pakai motor. Ini mengurangi biaya penggantian motor dan investasi dalam armada yang baru.

Bagian-bagian Wajib Cek Saat Service Motor

Jangan lupa hal-hal penting ini wajib dicek saat servis motor ke bengkel. Jangan taruh motor begitu saja lalu ditinggalkan ya, usahakan tungguin dan ikut menyimak apa saja perbaikan-perbaikan yang dilakukan.

  1. Oli Mesin

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Itu sebabnya, mengganti oli perlu rutin dilakukan sesuai jarak tempuh yang tercapai. Rata-rata pabrikan merekomendasikan titik penggantian di 2500 km. Biaya ganti oli ini, biasanya meliputi pembelian oli (harga tergantung merek) dan biaya jasa ganti olinya.

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli

  1. Oli Gardan

Pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan. Oli transmisi atau gardan pada oli motor matic berfungsi untuk melancarkan kinerja transmisi otomatis, atau melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT).

Waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.

  1. Busi

Busi adalah part atau bagian di motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Jika busi tak berfungsi baik, maka bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Maka, busi juga termasuk part yang diperlukan penggantian secara berkala.

  1. Kampas Rem

Keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Apalagi kalau armada food delivery kan, menyangkut banyak pihak yang terlibat.

Salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan yaitu sistem pengereman. Jika kampas rem sudah tipis, rem pun jadi kurang pakem, dan bisa menyebabkan bahaya kecelakaan. Jadi, jangan sampai terlewatkan untuk mengecek kampas rem saat melakukan service motor.

  1. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, mekanik akan melakukan pemeriksaan sebelum memutuskan apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

  1. Aki atau Accu

Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 – 14,2 Volt. Nah, kalau tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail.

Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar motor dapat digunakan dengan nyaman.

  1. Ban

Pemeriksaan ban juga penting lho dan perlu dilakukan secara berkala. Bahkan sebelum kita turun ke jalan menggunakan motor, yang pertama adalah cek ban dulu.

Namun pada saat service motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

  1. Tune up Motor Rutin

Service motor tune up adalah servis rutin yang meliputi pemeriksaan semua komponen, terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaannya biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Kadang tune up juga disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian spare part.

Tenaang, tenaang… Nanti mekanik bakal menginformasikan dulu kok apa saja yang harus di-tune up dan meminta persetujuan kita untuk memperbaikinya.

Bengkel Servis Motor Terbaik

Sebagai konsumen, kita maunya dapat servis yang bagus dong, dan itu didapat dari bengkel servis motor yang bagus juga. Tapi tenang aja, bagus tidak selalu mahal lho.

Planet Ban adalah salah satu bengkel servis yang dapat diandalkan dan dipercaya. Selain mudah ditemukan di berbagai penjuru kota, konon, di bengkel ini kita bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru. Eeaaa, apa tuh servis rasa mesin baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Manfaat Melakukan Servis Motor di Planet Ban 

service motor di planet ban
Image by Mufid Majnun from Pixabay
  • Planet Ban menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi. Sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Dengan gini, mesin motor juga jadi lebih awet dan jarang rusak.
  • Tambah nyaman dengan menggunakan spare part asli. Pemakaian motor jadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng. Etdaahh, tareeekk!
  • Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali). Jelas lebih hemat biaya servis dong.
  • Minim emisi dan polusi. Eco friendly banget nggak, tuh.

Kenapa Harus Servis Motor di Planet Ban?

Kalau service motor rutin di Planet Ban, dijamin seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran.  

Hasilnya, tarikan motor terasa lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, hemat BBM, dan mesin jadi bersih total. Siap berangkat mengantar pesanan!

Harga service motor selengkap ini di Planet Ban nggak mahal, kok. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-. Hemat, bersih, berkualitas. Dah lah, kalau udah lupa kapan terakhir service motor, cuss sekarang langganan rutin di Planet Ban nggak ada ruginya.

8 Comment

  1. Service motor itu penting biar mesin motor awet. Kalau telat service bisa bisa turun mesin. Tambah rugi dong. Mahal pula benerinnya. Harus rajin rajin cek deh

  2. wah iya bener banget ini, buat ojek-ojek online atau driver makanan di luaran sana yang tiap hari ngebul motornya dipakai terus, wajib banget perhatikan kondisi motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *