Uncategorized

[Resep] Gohyong, Sajian Oriental Mendadak Viral

Sudah dengar gohyong kan, makanan viral yang entah kenapa viralnya sih, tapi tiba-tiba aja banyak gerobakannya di mana-mana. Resepnya pun seliweran di sosial media.

Usut punya usut, Gohyong, yang juga dikenal sebagai ngohiang, adalah makanan khas Betawi yang merupakan hasil perpaduan budaya China dan Betawi. Gohyong berasal dari kata “Ngo Hiang” dalam bahasa Hokkien yang berarti “lima aroma”. Disebut demikian karena hidangan ini menggunakan lima rempah-rempah, yaitu kayu manis, bunga lawang, cengkeh, kapulaga, dan adas (btw, bumbu ini ada banget ya yang udah jadi di deretan bumbu-bumbu kering di supermarket).

Gohyong dibawa ke Indonesia oleh imigran Tionghoa dari Provinsi Fujian. Di Indonesia, gohyong mengalami akulturasi dengan budaya Betawi, di mana daging babi yang biasanya digunakan dalam hidangan ini digantikan dengan daging ayam atau sapi.

Lama diem nggak nyoba akhirnya ada teman yang jual dan jadi kesempatan buat nyobain, ternyata wenaaakkk.. jadi semacam kaya egg roll atau lumpia gitu ya dikasih kuah. Buat yang mau bikin juga di rumah, nih ada resepnya.

Resep Gohyong (ngohiong)

Bahan-bahan:

  • 200 gram daging ayam cincang
  • 100 gram udang cincang
  • 50 gram jamur kuping, iris tipis
  • 1 batang daun bawang, iris tipis
  • 1 butir telur
  • 2 sdm tepung tapioka
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdt gula pasir
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/4 sdt bawang putih bubuk
  • 1/4 sdt pala bubuk
  • 10 lembar kulit lumpia
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

  1. Campurkan daging ayam, udang, jamur kuping, daun bawang, telur, tepung tapioka, kecap asin, gula pasir, merica bubuk, bawang putih bubuk, dan pala bubuk. Aduk rata.
  2. Ambil selembar kulit lumpia, beri isian secukupnya, kemudian lipat dan gulung seperti lumpia. Lakukan hingga semua bahan habis.
  3. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng gohyong hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  4. Sajikan gohyong dengan saus cabai atau saus tiram.

Kenapa Viral?

Yhaa biasalah ya, diramaikan oleh penduduk ibu kota yang memadati sebuah lapak di daerah Cikini sampai antreannya panjang. Bukan anak Jakarta kalau nggak dikit-dikit diposting. Berkat sosial media, akhirnya makanan ini pun jadi banyak yang tahu dan viral, padahal karena ini merupakan sajian fusion peranakan, bisa ditemukan di tempat lain seperti Medan, Pontianak, wilayah yang ada banyak orang peranakan Tionghoanya.

Jadi kalau kamu nggak ada di Jakarta sih emang nggak akan relate yaa, kenapa jajanan ini segitu viralnya haha. Tapi di Malang sini udah banyak banget juga yang jual, di sepanjang taman jajanan Sulfat, saya nemu ada sekitar 3-4 gerobak beda merek yang jual gohyong, Silakan dicobaa…



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *