Lifestyle

Cromboloni: Pastry Unik Perpaduan Croissant dan Bomboloni

Cromboloni adalah pastry manis yang sedang populer di Indonesia, tiba-tiba viral banget gitu di berbagai postingan sosmed dan aplikasi penyedia resep. Sesuai namanya, sajian pastry ini merupakan perpaduan antara croissant dan bomboloni.

Croissant (bacanya kroasong ygy), adalah pastry khas Prancis yang terbuat dari adonan ragi yang dilipat atau dililit dan dibentuk menjadi segitiga gendut. Sementara bomboloni adalah donat khas Italia yang berbentuk bulat tanpa lubang dan diisi dengan berbagai macam isian yang creamy seperti selai atau mousse.

Asal Usul Cromboloni

Ditengarai, istilah Cromboloni awalnya muncul di Indonesia pada tahun 2023. Pastry ini pertama kali diperkenalkan oleh sebuah kafe artisan bakery di Jakarta yang bernama Monsieur Spoon. Cromboloni Monsieur Spoon langsung menjadi viral di media sosial karena rasanya yang unik dan tampilannya yang menarik.

Bahan Cromboloni

Sebagaimana namanya, pastry ini terbuat dari bahan-bahan yang sama dengan croissant dan bomboloni. Siapa saja bisa membuat pastry di rumah. Bahan-bahan tersebut antara lain:

  • Tepung terigu
  • Ragi
  • Gula
  • Mentega
  • Telur
  • Susu
  • Isian (sesuai selera)

Kenapa Cromboloni Nge-Hits

Cromboloni menjadi trend di Indonesia karena beberapa faktor, antara lain:

  • Rasa yang unik. Perpaduan antara tekstur croissant yang renyah dan isian bomboloni yang lumer di mulut menjadikan cromboloni sebagai pastry yang sangat lezat. Tidak seberat donat bomboloni tapi juga tidak seringan croissant yang kopong.
  • Tampilan yang menarik. Cromboloni memiliki bentuk yang bulat dan menggemaskan. Selain itu, cromboloni juga sering disajikan dengan topping yang menarik, seperti cokelat, keju, atau buah-buahan.
  • Kemudahan untuk didapatkan. Cromboloni kini sudah banyak dijual di berbagai kafe dan toko kue di Indonesia, dengan harga yang variatif mulai 15 ribuan.

Rasa Cromboloni

Cromboloni memiliki rasa yang unik dan lezat. Tekstur croissant yang renyah berpadu dengan isian bomboloni yang lumer di mulut. Rasanya yang manis dan gurih sangat cocok untuk dinikmati sebagai camilan atau dessert.

Tips Menikmati Cromboloni

Cromboloni sebaiknya dinikmati dalam keadaan hangat. Sebelum dimakan, kita dapat memanaskan cromboloni di microwave atau oven selama beberapa menit sebelum disajikan. Cromboloni juga dapat disajikan dengan berbagai macam topping, seperti cokelat, keju, atau buah-buahan.

Beberapa cromboloni juga memilik isian, jadi dimakannya bukan diputer tiap lapisannya ya, haha… tapi dibelah dari tengah gitu. Well, mungkin agak beremah dan buttery di mulut, juga akan belepotan dari filling maupun topping. Nggak apa-apa, emang begitulah menikmati makanan dengan enak.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *